Qatar mengumumkan mereka jugai ngin menggelar Olimpiade tahun 2032

Qatar, tuan rumah Piala Dunia FIFA 2022, mengumumkan pada hari Senin bahwa mereka juga ingin menggelar Olimpiade, kemungkinan pada tahun 2032.

Qatar mengumumkan mereka jugai ngin menggelar Olimpiade tahun 2032

Komite Olimpiade negara Teluk Arab mengatakan, pihaknya mengajukan permintaan kepada Komite Olimpiade Internasional (IOC) untuk bergabung dengan fase “dialog berkelanjutan” tentang penyelenggaraan Olimpiade di masa depan.

Qatar yang kaya minyak semakin tertarik untuk menjadi tuan rumah acara olahraga besar, dan telah menyambut kejuaraan atletik dunia, meskipun suhu gurun yang panas selama beberapa tahun telah menyebabkan beberapa kecemasan di dunia olahraga.

“Ini adalah rekam jejak yang terbukti dan banyak pengalaman, bersama dengan keinginan kami untuk menggunakan olahraga untuk mempromosikan perdamaian dan pertukaran budaya, yang akan membentuk dasar dari diskusi kami dengan Komisi,” Presiden Komite Olimpiade Qatar Sheikh Joaan bin Hamad bin Khalifa al-Thani mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Olimpiade belum pernah diselenggarakan di Timur Tengah, dan Qatar akan menjadi negara pertama di kawasan ini yang menjadi tuan rumah pameran sepakbola terbesar.

Ini telah menginvestasikan miliaran dolar qqaxioo dalam mempersiapkan Piala Dunia sepak bola 2022. Namun, kelompok-kelompok hak asasi manusia telah mengkritik perlakuan terhadap pekerja migran.

Pemerintah Qatar mengatakan tidak mentolerir perlakuan tidak adil terhadap pekerja.

IOC tidak dapat segera dihubungi untuk memberikan komentar.